Analisa Pengetahuan dan Ketertarikan Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro UAI Terhadap Program MBKM

Authors

  • Octarina Nur Samijayani Universitas Al Azhar Indonesia
  • Suci Rahmatia Universitas Al Azhar Indonesia
  • Rahmadina Alamsyah Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jaiss.v3i2.1022

Abstract

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dirancang untuk menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat. MBKM mendukung berbagai bentuk kegiatan belajar di luar PT. Dalam implementasi MBKM, diperlukan penyesuaian system pembelajaran, sehingga diperlukan sosialiasi mengenai program, kebijakan dan perangkat implementasinya kepada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan menganalisa pengetahuan dan ketertarikan mahasiswa di Program Studi Teknik Elektro Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) terhadap program MBKM yang dicanangkan oleh pemerintah. Penelitian dilakukan dengan metode survey populasi, analisa deskriptif pada aspek kognitif dan afektif. Hasil analisa menunjukkan sebagian besar mahasiswa sudah mengetahui program MBKM, namun belum memahami secara detil keseluruhan isi kebijakannya. Selain itu, sebagian besar (diatas 80%) mahasiswa menilai program MBKM ini dapat memberikan dampak yang baik dalam peningkatan kompetensi lulusan. Hal ini menunjukkan penilaian yang baik dan ketertarikan untuk mengikuti program ini. Kegiatan diluar kampus yang paling diminati yaitu Magang/Kerja Praktik. Sosialisasi perlu digiatkan melalui media yang sesuai. Analisa Pengetahuan dan Ketertarikan Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro UAI Terhadap Program MBKM

Kata kunci: Merdeka Belajar Policy, MBKM, Analisa Kognitif dan Afektif


Author Biographies

  • Octarina Nur Samijayani, Universitas Al Azhar Indonesia
    Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi
  • Suci Rahmatia, Universitas Al Azhar Indonesia
    Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi
  • Rahmadina Alamsyah, Universitas Al Azhar Indonesia
    Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi

References

Dikti, D. (2021, Desember). Retrieved from SPADA Dikti: https://survey.spadadikti.id

Dikti, D. (2021). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Hoque, D. M. (2016). Three Domains of Learning: Cognitive, Affective and

Psychomotor. The Journal of EFL Education and Research (JEFLER), 45-52.

Smollan, R. K. (2006). Minds, Hearts and Deeds: Cognitive, Affective and

Behavioural Responses to Change. Journal of Change Management, 143 –158

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles