Purchase Decision pada E-commerce Tiket Travel dan Reservasi Hotel di Indonesia

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36722/jaiss.v2i2.548

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Purchase Decision berdasarkan Web Quality dan EWOM melalui Online Trust pada tiga objek website layanan tiket travel dan reservasi hotel online di Indonesia (Traveloka.com, Tiket.com dan Pegipegi.com). Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah non-probability sampling, dan purposive sampling. Ampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah responden yang pernah melakukan transaksi layanan tiket perjalanan dan reservasi hotel secara online dalam 3 bulan terakhir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi dengan jumlah 200 orang dan dianalisis menggunakan SEM. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Purchase Decision hanya dipengaruhi secara langsung oleh Web Quality. Sementara Online Trust secara langsung dipengaruhi oleh Web Quality dan EWOM, namun tidak ada pengaruh langsung Online Trust terhadap Purchase Decision. Juga tidak ada pengaruh tidak langsung Web Quality dan EWOM terhadap Purchase Decision melalui Online Trust.

Kata kunci: Kualitas Web, EWOM, Kepercayaan Online, Keputusan Pembelian.

Author Biographies

  • Bambang Eko Samiono, Universitas Al Azhar Indonesia
    Program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi
  • Ulfa Mustikarini Hanifati, Universitas Al Azhar Indonesia
    Program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi

References

Gilliland, N. (2017, Agustus 17). Five examples of brands that succeed with word-of-mouth marketing. Retrieved from https://econsultancy.com/: https://econsultancy.com/brands-succeed-word-of-mouth-marketing/

KEG. (2018, Juni 23). 30 Juta Perjalanan Wisatawan Nusantara di Momen Mudik Lebaran Gairahkan Industri Pariwisata. Retrieved from Wonderful Indonesia Co-Branding Forum: https://swa.co.id/wicf/news/30-juta-perjalanan-wisatawan-nusantara-di-momen-mudik-lebaran-gairahkan-industri-pariwisata

Kotler, & Keller. (2016). Marketing Management. 15th. America: Pearson Education Limited.

Ling, K. C., Chai, L. T., & Piew, T. H. (2010). The Effects of Shopping Orientations, Online Trust and Prior Online Experience toward Customers Online Purchase Intention. Internatinal Business Research, Vol 3 No 3.

Loehlin, J. C. (1998). Latent Variable Models: An Introduction to Factor, Path, and Stuctural Analysis. Mahwah NJ: Lawrence Erlbaum.

Nasiruddin, Kauthar, Hashim, H., & Yusof, R. N. (2016). Electronic Word of Mouth: Exploring the Consumer Perspective. International Journal of Accounting and Business Management, Volume 4 Nomor 2.

Sastika, W. (2016, 18 - 19 Maret). Analisis Pengaruh Kualitas Website (Webqual 4.0) Terhadap Keputusan Pembelian pada Website E-Commerce Traveloka (Studi Kasus: Pengguna Traveloka di Kota Bandung Tahun 2015). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta.

Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Hansen, H. (2012). Consumer behaviour: a European outlook. Newyork: Pearson Financial.

Setyawan, Y. N., & Japarianto, E. (2014). Analisa Pengaruh Kepercayaan, Jaminan Rasa Aman, dan Aksestabilitas terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Danamon Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol 2 No 1.

Sugianto, Y. M. (2016). Pengaruh Website Quality, Electronic- Word-of-Mouth dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying pada Zalora. Jurnal Manajemen Pemasaran, Volume 3 No 2.

Downloads

Published

2021-08-30