Pendampingan Peningkatan Kesehatan dan Gizi untuk Lansia di Padukuhan Sonosewu

Authors

  • Amalia Cemara Nur Aidha Universitas PGRI Yogyakarta
  • Rosmauli Jerimia Fitriani Program Studi Gizi, Fakultas Sains dan Teknologi,Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36722/jpm.v6i3.2855

Abstract

Abstrak

Padukuhan Sonosewu merupakan salah satu padukuhan yang terdapat di Kelurahan Ngestiharjo. Masyarakat padukuhan Sonosewu memiliki kesadaran kesehatan yang masih kurang. Lurah Ngestiharjo membuat program kebijakan kesehatan untuk peningkatan pemberdayaan masyarakat dalam rangka perbaikan perilaku hidup sehat melalui sosialisasi, pelatihan dan bimbingan teknis bidang kesehatan, serta kerjasama dengan instansi, lembaga dan akademisi kesehatan untuk ikut memberikan konsultasi dan bimbingan ke masyarakat. Berdasarkan hal tersebut tim pengabdi melakukan observasi lapangan dan wawancara dengan lurah dan kepala dukuh. Tim mendapatkan informasi dari kepala dukuh bahwa kepala dukuh memiliki program untuk meningkatkan aktivitas di posyandu lansia namun belum berjalan optimal. Posyandu lansia agar bisa berjalan dengan rutin dan kegiatannya ada informasi Kesehatan yang bermanfaat untuk para anggota posyandu. Berdasarkan permasalahan tersebut tim pengabdian berupaya memberikan solusi yang dapat diterapkan ke Padukuhan Sonosewu antara lain melakukan pemeriksaan kesehatan dan pendampingan gizi dengan metode ceramah dan pemeriksaan. Sasaran peserta adalah warga usia pra lansia dan lansia di Padukuhan Sonosewu. Kegiatan ini memberikan manfaat dan memperoleh hasil sesuai target berdasarkan kehadiran peserta, tingkat partisipasi pemeriksaan kesehatan dan konsultasi. Saran untuk kegiatan selanjutnya disediakan tim khusus untuk mengunjungi rutin lansia yang tidak hadir ke lokasi posyandu, karena keterbatasan fisik dan waktu, agar status kesehatan seluruh lansia dapat termonitor.

Kata kunci: Kesehatan, Lansia, Posyandu.

Author Biographies

  • Amalia Cemara Nur Aidha, Universitas PGRI Yogyakarta
    Program Studi Teknik Biomedis
  • Rosmauli Jerimia Fitriani, Program Studi Gizi, Fakultas Sains dan Teknologi,Universitas PGRI Yogyakarta
    Program Studi Gizi

References

Anggreini, D. (2018). Pendampingan Cara Menjaga Asupan Gizi Yang Baik dan Kesehatan Pada Lansia di Posyandu Jepun Kabupaten Tulungagung. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 18(2), 93. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v18i2.1841.

Anna, A. N., Chusniatun, C., & Rudiyanto, R. (2017). Kegiatan Penyuluhan Gizi Lansia di Posyandu Aisyiah, Mawar Biru, dan Anggrek Berseri Kelurahan Serengan. Urecol, 103–112.

Apripan, R. (2022). Penyuluhan dan Pelaksanaan Pemeriksaan Kesehatan pada Lansia di Desa Pangaribuan Kecamatan Angkola Muaratais. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 4(8.5.2017), 2003–2005.

Festi, P. (2019). Penyuluhan Kesehatan Lansia "Hidup Sehat dan Sukses bagi Lansia di Medoan Ayu Surabaya.

Fitriyaningsih, E., Affan, I., Andriani, A., & Iskandar, I. (2021). Peningkatan pengetahuan lansia dengan edukasi gizi penyakit hipertensi. Jurnal PADE: Pengabdian & Edukasi, 3(2), 47. https://doi.org/10.30867/pade.v1i2.705

Halim, R., & Suzan, R. (2019). Penyuluhan Gizi Seimbang Pada Lansia Dengan Penyakit Diabetes Melitus Dan Hipertensi Serta Pemeriksaan Kadar Gula Darah Dan Tekanan Darah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat FKIK UNJA Medical Dedication (MEDIC), 2(1), 13–16. https://online-journal.unja.ac.id/medic/article/view/5892.

Pratiwi, D. W. I., Keperawatan, P. S., Kesehatan, F. I., & Surakarta, U. M. (2022). Hubungan Antara Status Gizi Dengan Kualitas Hidup Lansia Di Desa Kedaton Kabupaten Bojonegoro.

Qurniawati, D. (2018). Hubungan Perilaku Makan Dan Status Gizi Pada Lansia Di Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. UNY Journal, 1, 1–20. https://eprints.uny.ac.id/59238/.

Syukria, S. K. (2010). Program Pemberian Gizi Lanjut Usia di Kelurahan Terban Kec. Gondokusuman Yogyakarta (Tinjauan Terhadap Implementasi Monitoring Evaluasi Program). 06230012, 1–88.

Widayani, S., & Triatma, B. (2013). Penyuluhan Gizi Dan Kesehatan Serta Pembuatan Jus Sehat Untuk Lansia Agar Tetap Tampil Sehat Dan Ceria. Jurnal Abdimas, 17(1), 53–60.

Downloads

Published

2024-08-13