SWATHER: Sharing, Watching, and Learn Together with Terminal Pintar

Authors

  • Ragil Perdana sani Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Fauzan Dharmawan Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Dwi Putra Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Zahra Ramadhani Permata Puteri Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Nurlaila Nurlaila Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Dinda Ayuningtyas Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Paras Patonah Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Zahro Usshofa Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Maria Ulfa Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Aby Maulana Siddik Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Nunung Nurhasanah Universitas Al-Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/psn.v2i1.1593

Abstract

     Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Pendidikan bukan hanya tentang kajian keilmuan akan tetapi juga memiliki nilai praktis dalam kehidupan bermasyarakat. Rumah belajar merupakan salah satu sarana pendidikan berbasis nonformal. Salah satu rumah belajar yang terdapat di Jakarta Timur adalah “Terminal Pintarâ€. Berdasarkan hal itu dibutuhkan kegiatan sosial guna menunjang pembelajaran anak anak di terminal pintar tersebut. Kegiatannya meliputi Movie Learning dan juga gambar kolase. Film atau movie dalam kegiatan ini dipilih berdasarkan film atau tayangan animasi yang mengandung banyak nilai-nilai yang baik terhadap perkembangan anak. Yaitu animasi yang berjudul Nusa dan Rara. Setelah menonton animasi dari Nusa dan Rara disajikan beberapa pertanyaan terkait dengan animasi tersebut. Dan menggambar kolase yang kita lakukan juga mengambil gambar dari animasi Nusa dan Rara. Yang kami nilai secara objektif dan langsung, terhadap kerapihan dan penggunaan warna. Dan didapatlah capaian dari kegiatan ini sesuai dengan yang diharapkan yaitu meningkatkan kreativitas anak-anak dan menanamkan nilai-nilai yang baik untuk perkembangan anak-anak di Terminal Pintar.

Kata kunci: Pendidikan, Movie learning, olase dan Nussa & Rara

Author Biographies

  • Ragil Perdana sani, Universitas Al-Azhar Indonesia
    Program studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi
  • Fauzan Dharmawan, Universitas Al-Azhar Indonesia
    Program studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi
  • Dwi Putra, Universitas Al-Azhar Indonesia
    Program studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi
  • Zahra Ramadhani Permata Puteri, Universitas Al-Azhar Indonesia
    Program studi Informatika, Fakultas Sains dna Teknologi
  • Nurlaila Nurlaila, Universitas Al-Azhar Indonesia
    Program studi Bioteknologi, Fakultas Sains dan Teknologi
  • Dinda Ayuningtyas, Universitas Al-Azhar Indonesia
    Program studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Paras Patonah, Universitas Al-Azhar Indonesia
    Program Studi PG PAUD, Fakultas Psikologi dan Pendidikan
  • Zahro Usshofa, Universitas Al-Azhar Indonesia
    Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Pendidikan
  • Maria Ulfa, Universitas Al-Azhar Indonesia
    Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Inggris, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya
  • Aby Maulana Siddik, Universitas Al-Azhar Indonesia
    Program Studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan tiongkok, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya
  • Nunung Nurhasanah, Universitas Al-Azhar Indonesia
    Program studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi

References

Ade Ratna Sari Hutasuhut, Y. (2020). Analisis Pengaruh Film Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia Dini di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2) 1237-1246.

Aminahi, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Strategi Movie Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SKI Kelas V di MIN 4 Banjar. Banjarmasin: Universitas Islam Negeri Antasari.

Chudzaifah, I. (2021). Tridharma Perguruan Tinggi: Sinergitas Akademisi dan Masyarakat dalam Membangun Peradaban. Jurnal Pengabdian dan Pendampingan Masyarakat, 1(1) 79-91.

Sigit Purnomo Adi, I. G. (2019). Pemanfaatan Kolase dengan Media Kertas dan Plastik Bekas Dalam Karya Monoprint Yang Ramah Lingkunga. Brikolase Jurnal Kajian Teori Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa, 11(1) 70-75.

Downloads

Published

2022-12-30