Persepsi Mahasiswa Tingkat Dasar dalam Membedakan Nada Kedua dan Ketiga Bahasa Mandarin

Authors

  • Nanda Lailatul Qadriani University of Al Azhar Indonesia
  • Tri Budianingsih University of Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/sh.v6i1.487

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui jenis persepsi mahasiswa tingkat dasar dalam membedakan nada kedua dan ketiga dalam bahasa mandarin, apakah tergolong jenis category perception atau continuum perception. Metode yang digunakan adalah metode tes yang terbagi menjadi tes penggolongan stimulus bunyi dan tes penentuan sama atau tidaknya sepasang stimulus bunyi yang diperdengarkan. Peserta dari penelitian ini adalah 18 orang mahasiswa semester 1 dengan tingkat kemampuan bahasa Mandarin dasar. Hasil penelitian menunjukkan jenis persepsi mahasiswa dengan kemampuan berbahasa Mandarin tingkat dasar tergolong persepsi kontinuitas (continuum perception). Ini dikarenakan hasil tes penggolongan bunyi menunjukkan mahasiswa mempersepsi adanya batasan kategori antara nada kedua dan ketiga, namun tidak signifikan. Pada tes, ketepatan jawaban mahasiswa dalam membedakan sama atau tidaknya nada yang didengar sangat rendah. Selain itu, tingkat kepekaan mahasiswa dalam membedakan stimulus-stimulus bunyi turun-naik yang menjadi ciri nada kedua dan ketiga dalam bahasa Mandarin juga masih rendah.

Kata Kunci - Kategori Persepsi; Second-tone; Third-tone; Bahasa Cina

Author Biographies

  • Nanda Lailatul Qadriani, University of Al Azhar Indonesia
    Program studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
  • Tri Budianingsih, University of Al Azhar Indonesia
    Program studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

References

W. Gongping, An Experimental Study on Errors in Articulating 3+3 Tone Sandhi of Bi-syllable of Mandarin Produced by Overseas Indonesian Students of Chinese Origin, 暨å—大学åŽæ–‡å­¦é™¢å­¦æŠ¥, Vol 4, No 4, pp 9-20, 2004.

W. Maolin, å°å°¼åŽè£”ç•™å­¦ç”Ÿæ±‰è¯­å£°è°ƒä¹ å¾—åˆ†æž, 暨å—大学åŽæ–‡å­¦é™¢å­¦æŠ¥, Vol 2, pp 10-15, 2006.

W Zongji, L Maolan, 实验语音学概è¦, Higher Education Press, Beijing, 1989.

L. Juan. Perceiving the boundary between the lexical rising tone and the falling-rising tone’. Joy of research a festschrift in honor of Professor William S-Y. Wang on his seventieth birthday, Nankai University Press, pp. 222-233, 2004.

Z. Linjun, On the influence of Native Language on the Categorical Perception of Chinese Tones . åŽæ–‡æ•™å­¦ä¸Žç ”究TCSOL Studies,Vol. 2, No. 22010, pp. 15-20, 2010.

L. Leqin. M. S. Thesis, A Probe into the Category Perception of Mandarin Tones of Vietnamese and Thai Students, Guangxi Normal University, Nanning, 2014.

T. Chongzi. “The Experiments of Identification and Discrimination of Chinese Tones for Indonesian Studentsâ€. M. S. Thesis, Guangxi Normal University, Nanning, 2017.

W. Yunjia, L Meijing, The Effects of Tone Pattern and Register in Perceptions of Tone 2 and Tone 3 in Mandarin, Acta Psychologica Sinica, Vol. 42, No.9, pp 899−908, 2010.

W. Yunjia, L Meijing. The Perceptions of Tone 2 and Tone 3 in Mandarin by Korean Native Speakers, Language Teaching and Linguistic Studies, Vol 1, pp.17-25. 2011.

N.L. Qadriani, M. TCSOL Thesis. “The Perception and Pronounce of Tone 2 and Tone 3 in Mandarin by Indonesian Studentsâ€, Shanghai International Studies University, Shanghai, 2017.

Downloads

Published

2021-03-26

Issue

Section

SERI HUMANIORA