STRATEGI GURU MENSTIMULASI MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN PRACTICAL LIFE ANAK 4-5 TAHUN

Penulis

  • Aulia Ul Badriyah Universitas Al Azhar Indonesia
  • Fidesrinur Fidesrinur Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jaudhi.v5i2.1816

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam menstimulasi kemampuan motorik halus melalui kegiatan Practical life, apa saja faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menstimulasi kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan Practical life, serta apa saja kegiatan rutinitas yang dilakukan guru dalam menstimulasi kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan Practical life pada usia 4-5 tahun. Perkembangan motorik halus mengacu pada organisasi otot-otot kecil seperti jari dan tangan, yang membutuhkan ketelitian dan koordinasi dengan tangan, serta penggunaan alat untuk mengerjakan suatu benda. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah 1 orang kepala sekolah dan 6 orang guru kelas A. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisa data menggunakan model Milles and Hubberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi yang dilakukan oleh guru adalah demonstrasi, pemecahan masalah dan pengajaran langsung. Faktor pendukung dalam menstimulasi motorik halus adalah alat peraga atau apparatus Montessori menggunakan benda sesungguhnya yang dijumpai anak dikehidupan sehari-hari, metode montessori, kerjasama antara guru dan orang tua, pelatihan guru mengenai metode Montessori, dan rekan kerja. Sedangkan Faktor penghambat dalam menstimulasi motorik halus anak adalah kurangnya dukungan orang tua dan kesabaran anak saat bermain. Kegiatan rutinitas yang dilakukan guru dalam menstimulasi kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan Practical life adalah menuang, melipat, dan kegiatan lainnya. Kesimpulan adalah kegiatan practical life dapat menstimulasi perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan strategi pembelajaran demontrasi, pecahan masalah dan pengajaran lagsung.

Referensi

Abessa, T. G., Worku, B. N., Kibebew, M. W., Valy, J., Lemmens, J., Thijs, H., . . . Granizer, M. (2016). Adaptation and standardization of a Western tool for assessing child development in non-Western low-income context. BMC Public Health, 1-13.

Adinda, F. P., & Komalasari, D. (2015). PENINGKATAN Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Memakai Sepatu Sendiri Pada Usia 4-5 Tahun. PAUD Teratai, 4(2), 1-4.

Bhatia, P., Davis, A., & Shamas-Brandt, E. (2015). Educational Gymnastics: The Effectiveness of Montessori Practical life Activities in Developing Fine Motor Skills in Kindergartners. Early Education and Development, 25(4), 594-607.

Damayanti, A., & Aini, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui PERMAINAN melipat Kertas Bekas. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 65-77.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eliza, D., Sardi, M., Amalia, W., & Karmila, D. (2022). Jenis-Jenis Pelatihan Peningkatan Profesional Guru PAUD di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 6836-6843.

Erlianda, T., Fauzi, A., & Amri, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Menulis di Atas Pasir. Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 74-85.

Fadlillah, M. (2014). Desain pembelajaran PAUD : tinjauan teoritik & praktik. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Faizah, N., & Komalasari, D. (2016). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Media Penjepit Kue Pada Anak Usia 3 - 4 Tahun. PAUD Teratai, 5(2), 1-3.

Fajarwati, A. (2015). Penerapan Latihan Kehidupan Praktis Anak Usia 3- 4 Tahun. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 10(1), 21-28.

Fajriani, K. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Keterampilan Hidup Montessori pada anak Kelompok A di PAUD Islam Silmi Samarinda. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(1), 1-13.

Fauziddin, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik Pada Anak Kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota. Journal of SECE (Studies in Early Chilhood Education), 1-12.

Guttek. (2013). Metode montessori panduan wajib untuk guru dan orang tua didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) . Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Harahap, N. R. (2019). Hubungan Peran Orang Tua Terhadap Stimulasi Tumbuh Kembang Motorik Halus Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Pante Raya Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah Tahun 2018. Jurnal Midwifery Update (MU), 1(1), 37-46.

Hayati, Y. N. (2020). likasi Pencegahan Penularan Corona Melalui Kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun Terhadap Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(2), 124-140.

Hendayani, Y., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Balok Bergambar di TKIP Assalaam Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 3(1), 48-60 .

Idris, M. H., & Risaldy, S. (2014). Panduan Mengatasi Permasalahan Anak Usia Dini . Jakarta: Luxima Metro Media.

Khotimah, T. H., & Lukmanulhakim, M. S. (2016). Kerjasama Antara Guru Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Perilaku Mandiri Anak di TK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5), 1-13.

Lestariningrum, A., Nugroho, I. H., & Budiarti, A. (2020). Kegiatan meremas koran dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Child Education Journal, 2(2), 106–113.

Lombu, S. K., & Suprihatin, E. (2020). Studi Tentang Perkembangan Kesabaran Anak 4-5 Tahun Melalui Budaya Antre di TK Bina Kasih Terpadu. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(2), 114-128.

Masitoh, H. D. (2017). Strategi Pembelajaran TK. Tangerang Selatan: CV. Karya Indonesia.

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Gramedia.

Nasaruddin. (2021). Peningkatan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce pada Pendidikan Anak Usia Dini . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(2), 53-70.

Ningsih, B. S., Mayar, F., & Eliza, D. (2019). Pelaksanaan Stimulasi Motorik Halus Pada Latihan Kehidupan Praktis Di Taman Kanak-Kanak Pioneer Montessori School Padang. Pendagogi Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No 1, 1-14.

Nofianti, R. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Menggunakan Pola Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 13(1), 115-130.

Nurjanah, N., Suryaningsih, C., & Putra, B. D. (2017). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah di TK At-Taqwa. Jurnal Keperawatan BSI, 5(2), 65-73.

Qomariah, S., & Khotimah, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Pada Anak Kelompok A. PAUD Teratai, 5(1), 1-5.

Rantina, M. (2015). Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaranpractical life (Penelitian Tindakan Di Tk B Negeri Pembina Kabupaten Lima Puluh Kota,Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 181-200.

Sari, I. O., & 'Aziz, H. (2018). Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan 3M(Mewarnai, Menggunting, Menempel) dengan Metode Demonstrasi. Golden Age : Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 191-204.

Shunhaji, A., & Fadiyah, N. (2020). Efektivitas Alat Peraga Edukatif (APE) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Alim : Journal of Islamic Educatioan, 2(2), 1-30.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Susanto, Nawawi, M. A., & Abidah, A. (2021). Implementasi Metode Islamic Montessori Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di TK Islamic Montessori Al Hamidiyah Depok. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan,, 11(1), 50-61.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wati, U. K., & Rakhmawati, E. (2016). Meningkatkan Motorik Halus Melalui Kegiatan Memasak Pada Siswa Kelompok B TK Kartika Iii-41 Demak Tahun Ajaran 2015 / 2016. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 76-91.

Zahira, Z. (2019). Islamic Montessori Inspired Activity Mengenalkan Nilai-Nilai Islam dengan Cara Menyenangkan. Yogyakarta: Bentang Pustaka .

Zamzabila, B., Hanif, M., & Darmawan, Z. A. (2022). Pengaruh Dukungan Rekan Kerja terhadap Kualitas Pekerjaan pada Karyawan: A Systematic Literature Review. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 2(1), 162-166.

Diterbitkan

2023-01-31

Terbitan

Bagian

Articles