MENANAMKAN NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI KELUARGA ARAB

Penulis

  • Nafisah Mufidah Universitas Al Azhar Indonesia
  • Nurfadilah Nurfadilah Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.581

Abstrak

Metode adalah suatu cara atau jalan yang harus dilalui untuk mencapai tujuan tertentu. Bagaimana orang tua menjalankan peran juga dapat dipengaruhi oleh faktor budaya. Orang tua akan mengikuti bagaimana pengasuhan yang diterapkan oleh budayanya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dari 6 orang tua dan 3 anak menggunakan teknik wawancara dan observasi. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setiap pasangan orang tua memiliki metode dan variasinya sendiri dalam menerapkan ajaran agama kepada anaknya, yaitu metode keteladanan, metode nasihat, metode pembiasaan, dan metode hukuman. Terdapat dua saran dalam penelitian ini yang ditujukan kepada orang tua agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, pertama, pola asuh ayah dan ibu sebaiknya selaras; kedua, orang tua hendaknya menanamkan nilai Islam secara konsisten berdasarkan ajaran agama Islam

Biografi Penulis

  • Nafisah Mufidah, Universitas Al Azhar Indonesia
    Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Nurfadilah Nurfadilah, Universitas Al Azhar Indonesia
    Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Referensi

Arief, A. (2002). Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Thoha, C. (2000). Kapita selekta pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daradjat, Z., dkk. (2000). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2007). Manajemen pengembangan kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yurita, Lidia. (2009). Mukjizat Doa Ibu!. Yogjakarta: Diva Press.

Munir, Z. (2010). Pengertian orang tua. Bandung. PT Refika Aditama.

Muhaimin, dkk. (2008), Pengembangan model kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafin.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang standar pendidikan anak usia dini.

Soekanto, S. (2002). Teori peranan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Ulwan, A.N. (2012). Pendidikan anak dalam islam. Solo: Insan Kamil.

_________________. (2005). Ilmu jiwa agama. Jakarta: Bulan Bintang.

_________________. (2011). Metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama. Jakarta: Universitas Terbuka.

Diterbitkan

2021-01-20

Terbitan

Bagian

Articles