PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN: TINJAUAN PADA ASPEK KESADARAN DIRI ANAK

Penulis

  • Aisya Rodhwa Nisa Universitas Al Azhar Indonesia
  • Paras Patonah Universitas Al Azhar Indonesia
  • Yuli Prihatiningrum Universitas Al Azhar Indonesia
  • Rohita Rohita Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.696

Abstrak

Belajar dari rumah telah terjadi sejak awal tahun 2020 yang disebabkan karena adanya pandemi Covid-19. Pembelajaran yang dilakukan anak dari rumah bersifat dalam jaringan (daring) dimana dalam proses pembelajarannya anak-anak didampingi orangtua untuk memahami penjelasan yang disampaikan guru hingga mampu menyelesaikan tugas yang diberikan, termasuk memantau perkembangan sosial emosional anak, termasuk kesadaran diri anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesadaran diri (self awareness) anak usia 4-5 tahun selama belajar dari rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan membuat panduan wawancara dalam bentuk Google Form dimana tautannya disebarkan kepada responden melalui grup whatsapp. Subjek penelitian adalah orangtua murid dengan anak usia 4-5 tahun yang menyekolahkan anak-anaknya di TK di Al- Azhar 4 Depok. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pembelajaran daring anak memiliki perasaan bosan dan memiliki sikap malu ketika bertemu orang yang baru dikenal, baik orang dewasa maupun dengan teman sebaya. Namun anak masih dapat mengendalikan diri dengan menunjukkan ekspresi yang tepat atau tidak berlebihan, mau menolong tanpa diminta, serta mampu menyesuaikan diri dengan orang lain meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama. Kesimpulan penelitian ini adalah kesadaran diri anak tetap terbentuk meskipun beberapa sikap yang ditunjukkan tidak sesuai dengan yang seharusnya dimiliki oleh anak usia 4-5 tahun sebagai salah satu dampak pembelajaran dari rumah namun sikap tersebut masih dalam batas yang wajar.

Biografi Penulis

  • Aisya Rodhwa Nisa, Universitas Al Azhar Indonesia
    PGPAUD
  • Paras Patonah, Universitas Al Azhar Indonesia
    PGPAUD
  • Yuli Prihatiningrum, Universitas Al Azhar Indonesia
    PGPAUD
  • Rohita Rohita, Universitas Al Azhar Indonesia
    PGPAUD

Referensi

Dayal, H. C., & Tiko, L. (2020). When are we going to have the real school? A case study of early childhood education and care teachers’experiences surrounding educationduring the COVID-19 pandemic. Australasian Journal of Early Childhood. https://doi.org/10.1177/183693 9120966085

Solomon, D., & Kalaiyarasan. (2016). Importance of Self Awareness in Adolescence – A Thematic Research Paperâ€. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS). Vol. 21 No. 1 Ver. II.

Goleman, D. (2007). Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK selama Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5 No.1.

Nafisa, I. N. K. (2010). Efektivitas Motode Inabah Terhadap Self-Awareness Pada Pecandu Alkohol. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Ningtyas, D.P., & Risina, D.F. (2018). Peningkatan Self Awareness Anak Usia Dini Melalui Media Video Mitigasi Bencana Gunung Meletus. Al-Athfal-Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 4 No. 2. DOI: https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-01

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Permatasari, P., Agustiani, H., & Bachtiar, A. (2020). Benarkah anak prasekolah sudah mampu mengambil perspektif dalam perilaku prososial?. Jurnal Psikologi Sosial. Vol. 19 No. 1.

Wiguna, R., Sutisnawati, A., & Lyesmaya, D. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Siswa Berbasis Onine di Kelas Rendah Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Perseda. Vol. 3 No. 2.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5 No. 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Diterbitkan

2021-08-02

Terbitan

Bagian

Articles