Ketahanan Ekonomi & Edukasi (K2E) Strategi Optimalisasi Peran Ibu Rumah Tangga (IRT) dalam Menjaga Stabilitas Ekonomi Keluarga di Tengah Pandemi Covid-19

Authors

  • Tri Budianingsih Universitas Al Azhar Indonesia
  • Indi Kamalah Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jpm.v4i2.667

Abstract

Kurangnya kemampuan ibu rumah tangga khususnya yang tergabung dalam kelompok usaha bersama ibu rumah tangga (KUBE-IRT) mengenai pemasaran produk secara online menjadi salah satu permasalah yang penting untuk program kerja pengabdian masyarakat yang akan di selenggarakan di Kp. Marga Bakti RW.16 Desa Ganjarsabar ini. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka terdapat beberapa solusi yang diberikan, diantaranya berfokus pada hal berikut; 1) Inovasi produk makanan Tiongkok Bakpao 包å­bÄo zi dan Pangsit 饺å­jiÇŽo zi 2) Packaging mengunakan label 3) Pemasaran dengan terget yang lebih luas jangkauannya melalui jejaring sosial seperti; Market place Fabebook, WhattApp Bussines, Instagram, dll. Terdapat dua metode pemecahan yang di gunakan yaitu pertama, Metode sosialisasi dan yang kedua, Metode Focus Group Discussion (FGD). Simpulan dari pengabdian masyarakat ini adalah adanya potensi masyarakat dalam berbagai bidang, telah dilaksanakannya program kerja pada 4 bidang (Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan dan Lingkungan/Infrastruktur) sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan. Partisipasi dan dukungan masyarakat cukup tinggi, dimana masyarakat turut aktif dalam pelaksanaan program sehingga masyarakat dapat mengambil manfaatnya dengan lebih maksimal.

Kata Kunci: Inovasi, Tiongkok, Pengabdian Masyarakat

Author Biographies

  • Tri Budianingsih, Universitas Al Azhar Indonesia
    Program studi Bahasa dan Kebudayaan Tiongkok, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya
  • Indi Kamalah, Universitas Al Azhar Indonesia
    Program studi Bahasa dan Kebudayaan Tiongkok, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya

References

Nani Cancer. (2018). Variasi Dimsum (点心 Dianxin) sebagai makanan khas China. Variasi Dimsum (点心 dianxin) Sebagai Makanan Khas Cina - Repository UNSADA

Fedianty Augustinah, Widayati. 2019. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong di Kabupaten Simpang. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong di Kabupaten Sampang - CORE

Tim APJII. 2020. Survey Pengguna Internet APJII 2019-Q2 202: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (apjii.or.id)

Witriah Noviani Sipahutar. 2019. Penentuan kadar protein pada dimsum siomay dengan menggunakan metode kjeldahl sesuai dengan standar nasional indonesia (SNI). Penentuan Kadar Protein pada Dimsum Siomay dengan Menggunakan Metode Kjeldahl Sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) (usu.ac.id)

Sintia Permata Sari. 2018. Penanganan Bahan Baku dan Penjaminan Mutu dalam Pembuatan Dimsum Crowne Plaza Hotel, Semarang. 195507466.pdf (core.ac.uk)

Downloads

Published

2022-05-13

Issue

Section

Articles