Peningkatan Kompetensi Higher Order Thinking Skills Guru Yayasan Pesantren Jam'iyatul Mubtadi Desa Pagelaran melalui Pembelajaran Berbasis Computational Thinking

Penulis

  • Riri Safitri, S.Si., MT. Department of Informatics Engineering, Faculty of Science and Technology, University of Al Azhar Indonesia
  • Ade Jamal Department of Informatics Engineering, Faculty of Science and Technology, University of Al Azhar Indonesia
  • Suci Rahmatia Department of Electrical Engineering, Faculty of Science and Technology, University of Al Azhar Indonesia
  • Denny Hermawan Department of Informatics Engineering, Faculty of Science and Technology, University of Al Azhar Indonesia
  • Muhammad Ihsan Nashihin Department of Islamic Education Department, Islamic Education Department, University of Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jpm.v6i3.2616

Abstrak

Abstrak 

Computational Thinking (CT) menjadi salah satu keahlian dasar yang harus dimiliki dalam menghadapi VUCA World, seperti halnya membaca dan menulis. CT membantu proses berpikir dalam menemukan solusi dari setiap permasalahan, tidak hanya untuk bidang ilmu Informatika atau Teknik, namun permasalahan di bidang yang lain bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Guru sebagai pendidik juga harus mempunyai kemampuan CT dalam menyampaikan materi ajar dalam bentuk media pembelajaran. Hal ini mengharuskan guru mempunyai kreativitas dan kemampuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis digital yang menarik dan dapat diakses oleh siswa secara realtime. Prodi Informatika kembali melanjutkan rangkaian kegiatan pembinaan pembelajaran berbasis CT kepada guru-guru dengan memperluas wilayah kegiatan ke Yayasan Pesantren Jam'iyatul Mubtadi Desa Pagelaran. Kegiatan yang dilaksanakan berupa pelatihan secara online via whatsapp group dan offline langsung di pesantren. Kegiatan offline dilaksanakan selama dua hari, diawali dengan penumbuhan motivasi guru melalui materi kompetensi guru dan perkembangan teknologi digital di dunia pendidikan. Kegiatan dilanjutkan dengan materi khusus Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan CT untuk meningkatkan kompetensi mengajar  guru. Hasil evaluasi dan observasi menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan kompetensi guru, khususnya dalam menghasilkan media ajar berbasis digital. Hal ini terlihat dari 70% guru berhasil membuat media ajar berbasis digital dengan pemanfaatan platform desain online canva.

Kata kunci: Computational Thinking, Digital, HOTS, Kompetensi Guru, Media Pembelajaran.

Biografi Penulis

  • Riri Safitri, S.Si., MT., Department of Informatics Engineering, Faculty of Science and Technology, University of Al Azhar Indonesia
    Program Studi Informatika
  • Ade Jamal, Department of Informatics Engineering, Faculty of Science and Technology, University of Al Azhar Indonesia
    Program Studi Informatika
  • Suci Rahmatia, Department of Electrical Engineering, Faculty of Science and Technology, University of Al Azhar Indonesia
    Program Studi Teknik Elektro
  • Denny Hermawan, Department of Informatics Engineering, Faculty of Science and Technology, University of Al Azhar Indonesia
    Program Studi Informatika
  • Muhammad Ihsan Nashihin, Department of Islamic Education Department, Islamic Education Department, University of Al Azhar Indonesia
    Program Studi Pendidikan Agama Islam

Referensi

Adrianto, M. (2021). Masa Pandemi: Pembelajaran di masa pandemi. Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga. https://disdikpora.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/55-masa-pandemi-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid-

Aldiyah, E. (2021). Perubahan Gaya Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(1), 8–16. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i1.24

Bernard Marr. (2018, September 12). What is Industry 4.0? Here’s A Super Easy Explanation For Anyone. https://www. forbes.com/sites/bernardmarr/2018/09/02/what-is-industry-4-0-heres-a-super-easy-explanation-for-anyone/?sh=31ca97149788

Handoko H. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia dan Personalia. BPFE UGM.

Hasibuan Malayu S.P. (2007). Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktifitas. Bumi Aksara.

Hermawan Denny, Safitri Riri, & Rahmatia Suci. (2021). Pelatihan Computational Thinking untuk Mengembangkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Guru SMA Islam Terpadu Pesantren Nururrahman Depok.

Jeannette M. Wing. (2006). Computational Thinking. Communication of The ACM, 443, 33–35. https://doi.org/https://doi.org/10.1145/1118178.1118215

Jeroen Kraaijenbrink. (2018, December 19). What Does VUCA Really Mean? Forbes. https://www.forbes.com/sites/jeroenkraaijenbrink/2018/12/19/what-does-vuca-really-mean/?sh=c48f37b17d62

McKinsey & Company. (2019). Otomasi dan masa depan pekerjaan di Indonesia: Pekerjaan yang hilang, muncul dan berubah. https://www.mckinsey.com /nl/~/media/mckinsey/featured insights/asia pacific/automation and the future of work in indonesia/automation-and-the-future-of-work-in-indonesia-indonesian.ashx

Safitri, R., Jamal, A., Hermawan, D., & Supriyanto, A. (2022). [DM01] Pengenalan dan Pelatihan Computational Thinking untuk Guru dan Siswa SD-SMP di Jabodetabek. In Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat. https://eprints.uai.ac.id/1832/2/ILS0044-22_Isi-Artikel.pdf.

Diterbitkan

2024-09-04