Peningkatan Kompetensi Evaluasi Program BK Terhadap Guru Bimbingan dan Konseling

Penulis

  • Asni Asni Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • fauzi nur ilahi Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.36722/jpm.v4i3.510

Abstrak

Program layanan konseling  sudah ada di jenjang sekolah yang awal perkembangan di Indonesia dikenal dengan Bimbingan Penyuluhan. Kompetensi evaluasi program bimbingan dan konseling adalah keterampilan yang perlu dikembangkan. sebab, kompetensi evaluasi dapat membantu guru BK dalam menunjang kualitas layanan yang dilaksanakan di instansi masing-masing. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode workshop dimana bertujuan untuk meningkatkan keterampilan evaluasi program bimbingan dan konseling terhadap guru BK di wilayah DKI Jakarta. Pengabdian masyarakat di ikuti 28 peserta guru BK di daerah DKI Jakarta. Berdasarkan hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat, diperlukan adanya pendampingan bagi peserta ketika menerapkan keterampilan evaluasi program bimbingan dan konseling di instansi masing-masing.

Kata kunci: Evaluasi, Program BK

Biografi Penulis

  • Asni Asni, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
    Program studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • fauzi nur ilahi, Universitas Indraprasta PGRI
    Program studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Referensi

Badrujaman, Aip, Furqon, Syamsu Y., & Suherman. (2015). “Pengaruh Model Evaluasi Layanan Dasar Berorientasi Akuntabilitas Terhadap Peningkatan Akuntabilitas Guru Bk Smp.†PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta 27(II):158. doi: 10.21009/parameter.272.08.

Endah, Yekti & Sugiyo. (2016). “Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling: Studi Kasus Di SMAN 1 Kota Semarang.†Jurnal Bimbingan Konseling 5(1):37–46.

Furqon, & Aip Badrujaman. (2014). Model Evaluasi Layanan Dasar Berorientasi Akuntabilitas. Cetakan Pe. Jakarta: Indeks.

Gysbers, Norman C., & Patricia Henderson. (2012. Developing & Managing Your School Guidance & Counseling Program, 5th Ed.

Musyofah, et all. (2021). “Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Program BK.†Jurnal Ilmiah BK

Putri, Arum, E. (2019). “Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka.†JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) 4(2):39. doi: 10.26737/jbki.v4i2.890.

Rahman, Fathur. (2009). “Reformasi Sekolah Dan BK Komprehensif Dalam Tinjauan Historis; Kontradiktoris Ataukah Komplementaris Ataukah Komplementaris?†1–5.

Supriyanto, Agus, & Irvan Budhi, H. (2017). “Evaluasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah.†Unesa University Press 1(November):81–89

Diterbitkan

2022-07-26

Terbitan

Bagian

Articles