Pelatihan Digital Marketing Melalui Aplikasi Merchant Shopee Food Sebagai Strategi Pemasaran UMKM

Penulis

  • Bayu Apriyansyah Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Bambang Eko Samiono Universitas Al-Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/psn.v1i1.3252

Abstrak

Digital marketing bagi sebuah usaha khusus nya UMKM merupakan bagian yang sangat penting pada era industri 4.0 saat ini, karena sebuah usaha membutuhkan publikasi yang baik demi kelangsungan dan kemajuan usahanya. Selain harus mampu memberikan kualitas produk yang baik para pelaku usaha UMKM juga harus mampu bersaing dengan pesaing lainnya. Pemanfaatan digital marketing melalui aplikasi Shopee Food pada era industri 4.0 dapat dijadikan alternatif strategi dalam pemasaran produk agar memudahkan pelaku usaha memantau dan menyediakan kebutuhan serta keinginan calon konsumen,terutama pada para pelaku UMKM keluarahan Rawa Badak Utara yang mayoritas masih menggunakan penjualan secara konvensional. Karena mereka masih terkendala kurangnya pengetahuan terhadap pemasaran secara digital terutama pada aplikasi Shopee Food. Melihat permasalahan yang ada para UMKM maka Tim KKN memberikan solusi berupa pelatihan Digital Marketing melalui aplikasi Shopee Food sebagai strategi dari memasarkan produk UMKM di era industri 4.0. Tim KKN memberikan pelatihan berupa cara mendaftarkan usaha ke dalam mitra shopee food, cara perhitungan bagi hasil dan cara penggunaan aplikasi Shopee Food merchant. Setidaknya sebanyak 11 orang pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dari kegiatan KKN ini berhasil membantu para pelaku UMKM untuk berjualan di Merchant Shopeefood. Dan setelah dievaluasi mereka merasa terbantu dan cukup antusias dalam melakukan kegiatan karena mendapatkan ilmu yang berguna bagi usaha mereka.

Kata kunci: UMKM,Pemasaran online, Merchant Shopee Food.

Biografi Penulis

  • Bayu Apriyansyah, Universitas Al-Azhar Indonesia
    Program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Bambang Eko Samiono, Universitas Al-Azhar Indonesia
    Program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Referensi

Astri Rumondang, Acai Sudirman, Samsider Sitorus, Aditya Halim Perdana Kusuma, Melda Manuhutu, Andriasan Sudarso, Janner Simarmata, Dian Hasdiana, Tasnim Tasnim, Nina Fapari Arif. (2020) Pemasaran Digital dan Perilaku konsumen.

https://www.cekaja.com/info/cara-daftar- merchantshopeefood, 2022.

Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah ( Umkm ). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.

Astrid safitri. Revolusi Industri 4.0 Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0

Diterbitkan

2024-09-02

Terbitan

Bagian

Abdimas