Inovasi Media Ajar Bahasa Arab Bagi Orang Tua Didik

Authors

  • Iin Suryaningsih Universitas Al Azhar Indonesia
  • Hendrawanto Hendrawanto Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/sh.v4i3.272

Abstract

Abstrak - Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berbasis Penelitian yang di beri tema “INOVASI MEDIA AJAR BAHASA ARAB BAGI ORANG TUA DIDIK†ini adalah salah satu bentuk sharing informasi dan sinergi akademik dalam menemukan media ajar bahasa Arab yang tidak hanya cocok bagi pesertanya, namun juga mudah dan menyenangkan. Al-Azhar Centre Purwakarta sebuah lembaga tahsin, tahfidz dan bahasa Arab dibawah Yayasan Andi Azhar berupaya mewadahi minat beberapa kalangan pembelajar termasuk di dalamnya adalah para orang tua/wali murid dari putra putri yang bersekolah di SDIT Al-Bina, Ciseureh Purwakarta. Atas kebutuhan sederhana bahwa sebagai orangtua nantinya mampu mendampingi sang putra menyelesaikan masalah dalam mempelajari bahasa arab di sekolahnya, motivasi kuat para orang tua hebat ini akhirnya menghantarkan mereka menjadi pembelajar bahasa Arab. Semua kegiatan pengabdian ini sepenuhnya bekerja sama dengan Al-Azhar Centre, dalam kurun waktu 8 (delapan) bulan rentang November 2016-April 2017, di kompleks SDIT Al-Bina.Metode yang di gunakan dalam penelitian ini bersifat teoretis yaitu metode eksploratif deskriptif


Kata Kunci - Inovasi, Media ajar, eksploratif, Al-Azhar Centre


Abstract - "INNOVATION OF ARABIC LANGUAGE MEDIA FOR PARENTS" This is a form of information sharing and academic synergy in finding Arabic teaching media that is not only suitable for the participants, but also easy and fun. Al-Azhar Center Purwakarta a Tahsin, Tahfidz and Arabic institute under Andi Azhar Foundation seeks to accommodate the interests of some of the learner including the parents / guardians of the sons of daughters who attended SDIT Al-Bina, Ciseureh Purwakarta. For the simple need that as a parent would be able to accompany the son to solve problems in learning Arabic in his school, the powerful motivation of these great parents eventually led them to become Arab learners. All these dedication activities are fully cooperated with Al-Azhar Center, within 8 (eight) months of November 2016-April 2017, in the SDIT Al-Bina complex. The method in use in accordance in this research will focus with theoretical methods of descriptive explorative method.


Keywords - Innovation, media teaching, explorative, Al-Azhar Center

Author Biographies

  • Iin Suryaningsih, Universitas Al Azhar Indonesia
    Program Studi Sastra Arab/Fakultas Sastra
  • Hendrawanto Hendrawanto, Universitas Al Azhar Indonesia
    Program Studi Sastra Arab/Fakultas Sastra

References

DAFTAR PUSTAKA

M.L.Henniger. Teaching Young Children. Fifth Edition. Pearson. 2013

R.Gani.PengajaranSastra Indonesia-Respon dan Analisis-, Jakarta: Depdikbud. 1988

http://www.academia.edu/9984062/INOVASI_PEMBELAJARAN_BAHASA_ARAB_Mas Agung. (Diakses Pada 22 Februari 2017)

J. Dewey. 1984. Progressive Education and the Science of Education, dalam TheLater Works, 1925-1953,Volume 3: 1927-1928, Ed: Boydston, Jo Ann, SouthernIllinois University Press, USA, halaman 267-2 [5] M. Akhmadi. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA3.1990 [6] Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan,cet.II, Jakarta: PT. Rajagravindo Persada.2001

Anon. Kamus Besar Bahasa Indonesia : 330. Balai Pustaka. Tahun Terbit, 2002

Downloads

Published

2018-04-30

Issue

Section

SERI HUMANIORA